Gymnasium Gedung Sakral




Di SMA Negeri 1 Matauli ada sebuah gedung multifungsi. Gedung itu bernama gedung Faisal Tanjung atau kerap disapa gymnasium. Gymnasium sering sekali digunakan untuk sebuah acara penting sekolah maupun untuk kegiatan lainnya.  Buat yang belum tau, gymnasium ini berukuran sangat besar bahkan bisa berkapasitas seribu kepala. Buat sobat matauli pasti setuju deh kalo gymnasium  merupakan tempat sakral matauli. Kenapa bisa disebut begitu yah? Yuk kita simak beberapa fakta dibawah ini.

1.  Sebagai Tempat Upacara Pelantikan
      Setiap tahunnya, matauli selalu menerima peserta didik baru. Karenanya peserta didik yang menempuh pendidikan di matauli harus diresmikan atau dilantik untuk menjadi siswa matauli agar tidak menyandang titel sebagai casis lagi.  Dengan begitu, gymnasium turut berperan andil dalam rangka sebagai bangunan tempat pelantikan siswa itu dilaksanakan. Acara pelantikan ini merupakan bagian terpenting dari matauli.



2.  Sebagai Tempat Penyelenggaraan Kegiatan Perlombaan
      Gymnasium juga sering digunakan oleh berbagai pihak untuk penyelenggaraan kegiatan lomba seperti, lomba lingkungan hidup, dll.

3. Tempat Pelaksanaan Pentas Seni                                
Setiap tahun matauli selalu mengadakan pentas seni yang merupakan ajang penyaluran bakat sekaligus hiburan untuk siswa matauli.  Untuk memeriahkan acara tersebut, gymnasium dihias sedemikian rupa sehingga hati terpana untuk melihatnya. Tema yang diusung untuk pensi ini pun setiap tahunnya berbeda.  Bertujuan agar siswa tidak merasa bosan dan semangat untuk datang ke gymnasium menghadiri pensi.

4. Sebagai tempat penyambutan pejabat penting
       Matauli selalu kedatangan pejabat - pejabat penting seperti bapak gubernur, bapak bupati, kepala dinas dan baru - baru ini bapak presiden Indonesia, Bapak Joko Widodo. Untuk menyambut mereka, gymnasium ditata agar pejabat tertarik melihatnya.

Nah, sudah pada tahukan beberapa fakta dari gymnasium matauli yang sakral ini.

Ini masih sebagian fakta dari gymnasium,  masih banyak fakta lainnya. Semoga dapat bermanfaat ya buat sobat pembaca!


No comments:

Powered by Blogger.