SCINCE FILM FESTIVAL 2017 : AMBO SUKO, MUNAK SUKO, SADONYO SUKO


   Siapa lagi yang tidak mengetahui Scince film festival, acara yang disingkat SFF ini merupakan acara yang ditunggu tunggu oleh siswa/siswi SMAN 1 MATAULI PANDAN. SFF sudah diselenggarakan sebanyak 3 kali di Matauli, dan tahun ini merupakan tahun ke 4  diadakannyaa SFF ini dan berlangsung selama 3 hari, dimuai pada tanggal 26-28 Oktober 2017 yang dilaksanakan di ruang Audiovisual SMAN 1 Matauli Pandan. Sama seperti tahun lalu, acara pembukaaan SFF ini dibuka oleh kepala sekolah SMAN 1 MATAULI PANDAN dan dimeriahkan dengan penampilan Marching Band Gita Cendikia Matauli, Tim Reog Matauli serta penampilan dari panita SFF dengan menyanyikan lagu Adiwiyata Matauli. 


Acara yang diadakan GOETHE INSTITUT Ini selalu memberikan tema yang berbeda dan unik setiap tahunnya, dan tema yang diusung pada tahun ini ialah “Antroposen”. Pasti banyak yang bingung, apa sih Antroposen itu? 


   Antroposen ialah masa dimana aktivitas manusia mulai memengaruhi ekosisstem bumi , jadi antroposen ini merupakan masa terjadinya global warming, bom nuklir, polusi dan kegiatan kegiatan yang dilakukan manusia yang memengaruhi ekosistem bumi kita ini. Dan selama SFF inilah para siswa akan dikenalkan apa itu antroposen melalui pemutaran film-film yang menarik dan bermanfaat. Film film yang ditampilkan sudah lulus sensor dan di tampilkan di 38 kota di indonesia, keren bukan?


   Selain pemutaran film, pada acara SFF ini juga kita berasa seperti ilmuan muda, kenapa? Karena kita diajak untuk bereksperimen layaknya ilmuan. Eksperimen-eksperimen yang dilakukan cukup sederhana dan pastinya sangat menarik, menggunakaan alat dan bahan yang mudah didapatkan dan aman digunakan sehingga dapat dilakukan di rumah, seperti balon,tusuk sate, soda dan lain lain. Eksperimen yang dilakukan tiap harinya berbeda seperti menusuk balon dengan lidi tapi tidak pecah, atau membuktikan bahaya nya merokok dan banyak lagi eksperimen yang dilakukan untuk menambah wawasan para peseta SFF. Acara ini semakin seru dengan hadiah hadiah yang diberikan pihak SFF kepada peserta yang berani maju kedepan untuk melakukan eksperimen. 


Science Film Festival ini tidak hanya dihadiri oleh siswa/siswi matauli saja, melainkan dari  sekolah-sekolah di sekitar Pandan dan Sibolga, mulai dari SD sampai SMA seperti SD AKSARA, SMP AL-MUSLIMIN, SMAN 1 SIBOLGA dan banyak sekolah undangan lainnya yang tidak kalah heboh dan antusias. SFF ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan semangat para pelajar dalam meningkatkan potensi masing masing terutama di bidang sains dengan cara yang unik dan menarik agar menghasilkan karya karya yang dapat diperkenalkan kepada dunia, Semangat calon calon ilmuan Indonesia! Dan saksikan Science Film Festival tahun depan!





No comments:

Powered by Blogger.