Sukses Ujian, tanpa SKS


Hanya dalam hitungan jari, ujian semester semakin dekat. Diantara teman – teman pasti pada bingung atau pada sibuk mikirin ujian. Dan jangan bilang lagi ada yang sedang merencanakan sistem SKS atau sistem kebut semalam yang merupakan suatu sistem pembelajaran yang paling banyak dilakukan pelajar untuk membabat habis pelajaran yang akan diujiankan esok harinya. Sistem SKS ini belum tentu manjur bahkan dapat membuat kamu kurang kosentrasi ketika ujian esoknya dikarenakan lelahnya belajar sistem kebut pada malamnya. Cara meninggalkan SKS ini bisa di sebut gampang – gampang susah. Tidak perlu khawatir, agar semuanya  berjalan lancar dan nilai kamu tetap bagus tanpa SKS, Kamu bisa terapkan tips – tips dibawah ini, untuk membuat kamu lebih percaya diri untuk menghadapi ujian dan tentunya dengan hasil yang cukup memuaskan.

1.Belajar Itu Memahami bukan sekadar mengingat
            Ya, seperti yang kita ketahui ketika dihadapi sebuah materi oleh guru, Kita masih menggunakan sistem menghapal tanpa memahami terlebih dulu materi tersebut. Kita boleh 100 % menghapal semua pelajaran secara detail, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti atau memahami betul semua materi yang dihapal tadi. Jadi sebelum menghapal cobalah memahami materinya agar hapalan kamu tidak mudah hilang dari ingatan.

2.Hapalkan kata – kata kunci
            Untuk mempermudah belajarmu, cobalah untuk menghapal kata – kata kunci di setiap hapalan agar mudah untuk diingat sehingga kamu tidak perlu menghapal semua kalimat yang sama persis dengan isi buku. Itu akan membuat kamu akan cepat lupa yang telah kamu hapal. Kamu sudah susah payah menghapal dan akhirnya hapalan kamu hilang begitu saja, sungguh menyeramkan bukan?

3.Belajar di Pagi hari
            Belajar di pagi hari akan membuat kamu lebih mudah untuk memahami pelajaran karena ketika pagi, pikiranmu masih segar sehingga mempermudah pembelajaranmu.

4.Mulailah belajar jauh – jauh hari sebelum Ujian
            Kebiasaan setiap pelajar ketika besoknya akan ulangan mereka akan sibuk membuka buku. Namun sebelumnya mereka bersantai ria dan beranggapan ujian masih lama. Akhirnya SKS pun menjadi solusi mereka. Cara yang dilakukan itu justru akan membuatmu sulit memahami pelajaran. Oleh karena itu belajar lah jauh hari sebelum ujian. Dengan begitu, ketika ujian tiba kamu hanya tinggal mengulang – ulangnya saja tanpa harus belajar sampai begadang.

5.Terapkan prinsip  “Aku Pasti Bisa”
            Ya ketika kamu akan melaksanakan ulangan, cobalah untuk menerapkan prinsip  “Aku Pasti Bisa” dalam dirimu, yakinkan dirimu jika kamu pasti bisa melaksanakan ulangan dengan baik serta percaya diri terhadap jawabanmu tanpa harus bergantung pada jawaban teman. Dengan begitu, kamu tak akan ragu dan juga takut dalam melaksanakan ujian.

6. Tetap Optimis dan berdoa
            Ketika akan menghadapi ujian, jangan lupa untuk selalu tetap optimis. Karena jika kamu sudah berusaha namun masih ada keraguan, rasa optimis akan jadi solusinya. Sikap optimis akan menumbuhkan rasa kepercayaan pada diri dan rasa takut akan sekejap hilang. Dan tentu jangan lupa untuk berdoa karena apapun yang kamu usahakan tak lepas dari kuasa Tuhan YME, oleh karena itu tetap otimis dan jangan lupa berdoa ya teman.

            Nah, jika teman – teman ingin sukses ujian, solusi diatas semoga dapat membantu, ganbatte..

No comments:

Powered by Blogger.