Galaxy Bimasakti: Real atau editan?


       Bumi yang merupakan planet tempat kita tinggal berada di salah satu dari jutaan tata surya yang berdiam di galaksi Bimasakti, juga diperkirakan ratusan milyar tata surya di satu galaksi saja, dan alam semesta kita tidak hanya memiliki 1 galaksi saja, tapi masih banyak galaksi lainnya. kebayangkan sobat betapa luasnya alam semesta kita?  Kita sering melihat galaksi bimasakti yang berbentuk spiral dengan banyak benda bercahaya yang berkeliaran di sekitarnya.
Pertanyaannya, dari mana para ilmuan tau bagaimana bentuk galaksi bimasakti? Bagaimana foto galaksi bimasakti berasal? Analoginya saat kita berada didalam rumah, kita tidak dapat memotret bagaimana bentuk bagian depan, belakang, kiri dan kanan luar rumah. Sama seperti saat kita berada di dalam galaksi bimasakti, tapi kita dapat melihat bagaimana bentuk galaksi tersebut secara utuh, apa itu hanya visualisasi atau editan?

Jika kita berada dalam rumah, kita dapat melihat sudut rumah, tembok, ruang-ruang rumah, dan bagaimana bentuk rumah tetangga kita yang lain, begitu juga halnya dengan para ilmuan yang melihat kearah pusat galaksi dan melihat bagaimana bentuk galaksi lainnya, ilmuan dapat memprediksi bagaimana bentuk galaksi bimasakti tanpa harus melihat keluar. Jadi sobat, bentuk galaksi kita ini masih prediksi, belum diketahui bagaimana bentuk aslinya karena kita tidak melihat secara langsung dari atas galaksi. Tapi bukan sembarang prediksi, pastinya para ilmuan memprediksinya dengan hati-hati dan berbagai pertimbangan lainnya.

Nah, apakah kita akan menjadi ilmuan selanjutnya yang dapat melihat galaksi bimasakti dari luar galaksi kita?

No comments:

Powered by Blogger.