Where’s your target???


Tahun 2017 hampir memasuki bulan kedua, bagaimana dengan target kita tahun ini? Sudah sesuaikah dengan harapan-harapan kita? Atau mungkin malah belum ada kemajuan dari tahun-tahun sebelumnya? Bila hal itu belum sesuai dengan harapan kita apakah hal yang harus kita lakukan?
Hal yang paling utama tentunya harus selalu berpikir positif dan optimis agar hal yang di targetkan sesuai dengan harapan. Namun hal-hal tersebut belum tentu sesuai dengan keinginan kita dan mungkin masih dari hasil yang telah kita capai sekarang. Bila hal itu tejadi, bisa saja hal itu disebabkan karena kita menetapkan target secara tidak efektif.
Bisa jadi salah satu hal dibawah ini adalah salah satu penetapan kita sehingga target kita tidak sesuai dengan harapan kita.
·         Target kita tidak jelas. Misalnya saja kita sebagai seorang pelajar memiliki target untuk mendapatkan nilai yang tinggi. Namun berapakah perolehan nilai yang kita inginkan? Belum jelas kan? Sebaiknya kita membuat target yang jelas dan spesipik. Hal ini membantu kita mengarahkan fokus kita untuk mencapai target tersebut. Semisalnya saja kita bertarget untuk mendapat nilai 90 untuk ujian semester pada semester genap nanti, hal ini akan jauh lebis jelas dan spesifik dibanding dengan target kita sebelumnya.
·         Tetapkan batas waktu.  Menetapkan batas waktu atau deadline untuk mencapai target yang kita inginkan sangatlah penting. Tanpa adanya batas waktu kita mungkin akan menunda-nunda sehingga seiring berjalannya waktu fokus kita akan terbagi dengan hal-hal lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan hal-hal yang ingin kita capai, sehingga pada akhirnya target kita tidak akan tercapai.
·         Buatlah target yang realistis. Dalam menentukan suatu target tentunya kita harus menentukannya sesuai dengan batas kemampuan kita. Jangan membuat target yang sulit atau bahkan sedikit mustahil untuk kita raih. Dan sangat baik pula jika kita membuat tahapan-tahapan target, seperti anak tangga yang kita lewati satu persatu, agar nantinya kita dapat menyelesaikannya secara bertahap dan terarah.
·         Tulis target kita. Jangan biarkan target kita hanya terlintas di benak saja. Tulislah target yang hendak kita capai. Bila perlu tempelkan pada tempat-tempat yang sering kita lalui seperti di pintu lemari, cermin, atau bahkan dinding, agar kita selalu ingat akan suatu pencapaian yang kita targetkan.
·         Katakan pada orang-orang. Jika semisalnya ada teman atau rekan kita yang bertanya tentang tulisan yang kita tempel di dinding atau tempat lainnya, jangan malu-malu untuk untuk menceritakan hal tersebut. Dengan mengatakan hal tersebut kepada banyak orang, itu akan memacu ACTION kita. Sebab kalau kita tidak ACTION, kita mungkin akan malu-malu ketika bertemu dengan orang-orang yang pernah kita ceritakan tentang target kita.
Seseorang yang memiliki target berarti seseorang yang memiliki tujuan dan arah dalam hidup. Artinya kita tahu apa yang harus kita lakukan dan kemana arah tujuan kita.


No comments:

Powered by Blogger.