“MEET WITH KNOWLEDGE”


“PENGALAMAN IALAH GURU YANG PALING BERHARGA”
Pepatah ini sangat sering kita dengar. Dan pasti kita ketahui makna yang terkandung dalam kata tersebut sangat berarti.

                Pengalaman merupakan salah satu cara belajar non formal. Ilmu yang kita dapat dari pengalaman sulit dijumpai dengan belajar formal. Mengenai belajar ,ada banyak cara salah satunya dengan belajar non formal. Belajar non formal sangat mudah, mulai belajar dari nasihat nasihat orang tua ataupun orang zaman dahulu, walaupun nasihat nasihat tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi sekarang namun memiliki maksud dan tujuan yang sama. Contohnya larangan duduk di depan pintu akan sulit mendapat jodoh, jika kita menghubungkannya dengan zaman sekarang maksud dari kelimat tersebut jika kita duduk di depan pintu berarti tindakan tersebut tidaklah sopan, dan menganggu bagi yang melihatnya.
                

Selain itu, kita dapat belajar dari berorganisasi, secara tidak langsung di dalam organisasi kita dituntut untuk memegang tanggung jawab penuh atas tugas kita, menyelesaikan nya tepat waktu, dan tidak melakukan kesalahan. Kita juga dituntut untuk memiliki jiwa kepemimpinan dapat mengatur dan mengayomi orang lain, sehingga tujuan dalam berorganisasi dapat dilakukan dengan semaksimal mungkin. Dan hal  terpenting dalam berorganisasi ialah berani berbicara di depan orang lain, berani mengungkapkan pendapat yang menurut kita benar ataupun salah. Bagi para pencinta game, juga dapat belajar dari game, banyak orang belajar berbahasa inggris dari game ataupun belajar membuat stategi. Namun, kita harus dapat memilah dan membagi waktu.
                

Begitulah cara cara belajar nonformal.  Bukankah belajar itu sangatlah mudah? Bahkan kita dapat mendapatkan ilmu tanpa kita sadari. Seperti pepatah mengatakan “Setiap orang yang memberikan 1 ilmu saja, maka dia adalah guruku” .


No comments:

Powered by Blogger.