Bingung Milih Jurusan? Coba Lihat Dari Keseharianmu!

Kalian baru lulus SMA bingung mau nerusin kuliah kemana. nih ada beberapa tips buat teman-teman semua yang merasa kebingungan akan hal tersebut.

1.     Kenali diri sendiri
Mengenali diri sendiri adalah perihal yang teramat utama bagi seorang dalam mentukan langkah memilih jurusan. Kamu harus mengenali passion mu terlebih dahulu. Karena kesesuaian passion dapat memotivasi supaya senantiasa meningkatkan prestasi & merasa bahwa proses perkuliahan merupakan sesuatu yang just exciting and fun.
          2. Sering-seringlah bertanya kepada yang lebih tua
Bertanya pada yang sudah berpengalaman akan sangat membantu kamu dalam memilih jurusan. Pasalnya, kamu pada dasarnya masih labil dalam menentukan pilihan jurusan, sehingga tidak jarang apabila banyak diantara kamu  yang 'terjerumus' kedalam jurusan yang sebenarnya tidak diminati. Oleh karena itu, kamu  sebaiknya  berdiskusi kepada orang yang lebih berpengalaman dalam dunia perkuliahan, baik itu orangtua, guru, ataupun kakak angkatan yang lebih senior.  



3. Ketahui Bakat Terbaikmu

Boleh jadi minat terbesarmu adalah di ilmu politik dan ilmu sosial, tapi sebenarnya kamu punya bakat yang sangat baik dalam hitung-hitungan.Cobalah luangkan waktu untuk memikirkan dua hal yang selayaknya dipertimbangkan; minat dan bakat dalam dirimu. Apakah jurusan yang kamu minati bisa diakomodasikan dengan bakatmu? Apakah bakatmu bisa dimanfaatkan dan dikembangkan, seiring kamu mengenyam pendidikan dari jurusan yang kamu pilih?

4. Hobi
Jika kamu bingung menentukan bakat dan minat, hobi kamu mungkin dapat memberikan petunjuk. Misalnya kamu hobi memasak atau menggambar manga, mungkin kamu bisa mempertimbangkan jurusan koki atau animasi.


Setelah mengetahui tips diatas sudahkah kamu mengetahui apa jurusan yang igin kamu ambil?  Kalau sudah segera pilih jurusan kuliah yang relevan, sebaliknya jika masih belum segera untuk meningkatkan kecerdasan intrapersonal. Kecerdasan intrapersonal merupakan kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak berdasarkan pemahaman tersebut. Kecerdasan ini meliputi kemampuan memahami kekuatan dan keterbatasan diri, kesadaran akan suasana hati, kehendak, motivasi, sifat, keinginan, serta kemampuan berdisiplin diri dan menghargai diri. Semangat dan selamat memilih jurusan ya!

No comments:

Powered by Blogger.