Kota Kertas, Antara Fiktif dan Nyata

Hasil gambar untuk town paper
Para pembaca yang sudah menonton atau membaca cerita karangan John Green ini pasti sudah familiar dengan kata kota kertas atau Paper town dan sebagian juga merasa penasaran dengan kota Agloe yang dimunculkan pada cerita ini. Kota Agloe memang benar ada nya dan juga terkenal dengan sebutannya kota kertas atau paper town, namun mengapa kota ini disebut dengan paper town? Apa terbuat dari kertas? Atau disana banyak kertas? Jaman sekarang, Dengan kemajuan teknologi sekarang, peta banyak kita jumpai dan bahkan kita bisa mengaksesnya di Google map namun pada awal tahun 1990, para kartografer (pembuat peta) membuat peta dengan cara lama yaitu dengan menggambarnya, Tentu sangat melelahkan. Karena itulah para kartografer membuat sebuah kota palsu  yang hanya mereka yang tau, guna nya sebagai jebakan bagi kartograger yang ingin meniru peta tanpa menjelajahi sediri.
Pada tahun 1920, dua kartografer bernama Otto G.linberg dan Ernest Alpers membuat peta daerah sullivian country dan membuat kota fiktif yang bernama kota Agloe, yang berasal dari singkatan nama mereka. Daerah yang di tandai dengan kota Agloe ini merupakan daerah yang tidak berpenghuni. Beberapa tahun kemudian, sebuah perusahaan peta bernama Rand McNally, mengeluarkan peta New York buatan mereka.

Pada saat Linberg membaca peta tersebut ia melihat sebuah kota Agloe dengan ejaan dan tempat yang sama dengan peta yang ia buat. Kemudian ia menuntut McNally, pengacara McNally pun bisa mencari jalan keluar dengan bukti bahwa kota kertas yang fiktif bernama Agloe memang nyata. Ternyata kota ini sudah berpenghuni, bahkan ada toko di daerah tersebut yang bernama Agloe General Store. Dan anehnya, si pemilik toko pernah melihat peta yang dibuat oleh Linberg dan Alpers, yang membuat daerah tersebut bernama kota Agloe, akhirnya ia memberi nama toko itu Agloe General Store dan di Google maps juga terdapat kota Agloe serta kota ini juga dijadikan tempat rekreasi para turis yang penasaran . Wah sobat, mungkin diluar sana banyak juga kota-kota kertas yang fiktif layaknya kota Agloe. Mungkin saja di Indonesia juga terdapat kota kertas, siapa yang tau?        

No comments:

Powered by Blogger.