Science Film Festival 2016

  “Ambo suko, Ang suko, Sadonyo suko” Yel-yel singkat penuh keceriaan dari Sains Film Festival, memeriahkan ruangan Audiovisual .  Apasih SFF itu sebenarnya? SFF adalah Science Film Festivall. Dimana film-film pendek terbaik di Indonesia dimuat didalam satu acara meriah yang mengumpulkan seluruh anak negeri . Dan apakah kalian tau? SFF telah 3 kali dilaksanakan di SMAN 1 MATAULI. Pelaksanaan SFF berlangsung pada tanggal 22-24 November 2016 di ruangan Audiovisual Matauli. Acara yang dibuka langsung oleh Bapak Kepala Sekolah ini menarik banyak antusiasme Siswa/i sekitar Pandan. SFF juga dilaksanakan di 26 kota lainnya dari Aceh hingga Papua.

  
  Acara SFF ini diselenggarakan oleh Goethe Institut. Goethe Institut adalah lembaga non-profit yang beroperasi diseluruh dunia, untuk mempromosikan belajar bahasa Jerman ke luar negeri serta mendorong perubahan dan relasi antarbudaya. Tujuan Goethe membuat SFF adalah untuk membuat para pelajar bahwa sains itu menyenangkan bukan menakutkan, juga untuk memperkenalkan bahasa Jerman sedari dini untuk pelajar kalangan remaja. Festival ini menampilkan film-film yang mengomunikasikan IPTEK dengan cara mudah dan sekaligus menghibur siswa/i SMP dan SMA. Di dalam SFF tahun ini, 13 film terbaik yang sudah dipilih di tampilkan dengan tema Material Sains.

  
  Penyambutan Goethe Institut di Matauli dilakukan secara meriah. Penyambutan ini dimeriahkan dengan penampilan Marching Band Gita Cendikia Matauli dan Tim Reog dari Matauli. Acara SFF ini banyak mempengaruhi minat para siswa untuk lebih mencintai sains serta berupaya mecari berbagai terobosan baru dibidang ilmu pengetahuan, baik yang dituangkan dalam lomba karya ilmiah atau sebagainya. SFF juga dapat mengaspirasi para siswa untuk menjadi pioner-pioner peneliti belia yang memanfaatkan potensi daerah untuk diperkenalkan ke dunia melalui media film.

  
  Di SFF juga ditampilkan beberapa percobaan kimia seperti percobaan bahan kimia pada makanan, cara mengangkat gelas dan balon tanpa menggunakan tangan dan lainnya. Acara SFF diikuti oleh Siswa/i kelas 10 dan 11 serta Siswa/i dari SMP sekitar. Goethe juga membuka sesi pertanyaan dan memberikan Siswa/i  untuk ambil alih dalam percobaan. Semua Siswa/i yang maju kedepan mendapatkan merchandise dari pihak Goethe sendiri. Gimana Teman-Teman, sudah tidak sabar bukan untuk menunggu SFF tahun ke-4?


No comments:

Powered by Blogger.