BANYAK SOSMED PICU DEPRESI


    Dewasa ini, media sosial seakan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi seluruh masyarakat, terkhusus nya kalangan anak-anak dan remaja. Media sosial seolah menjadi candu, tiada hari tanpa membuka media sosial dan tidak bisa lepas dari Smartphone. Banyaknya media sosial populer seperti Facebook, Twitter, Line, BBM, Youtube dan instagram menyebabkan masyarakat terutama remaja betah berlama-lama berselancar di dunia maya.
          Namun, jarang di sadari bahwa sosial media seperti di atas ternyata dapat membawa dampak buruk. Terutama bagi seseorang yang sedang memiliki masalah, ia cenderung akan mencari hiburan tersendiri seperti hiburan secara online yang mengakibatkan dirinya semakin terisolir.
          Menurut sebuah studi dalam jurnal cyberpsychology, Behavior, and socid networking menemukan bahwa seseorang yang lebih banyak menghabiskan waktu bersosial media akan memiliki masalah mental, kesehatan diri yang berkurang, serta tekanan psykologis yang lebih tinggi. Hal ini akan memicu meningkat nya gejala depresi dan kecemasan. 
 Dalam sebuah survei yang melibatkan 1.787 orang dewasa muda yang berusia belasan hingga 32 tahun, para peneliti menemukan jumlah pengguna sosial media yang aktif yang terkena depresi secara signifikan meningkat ketimbang pengguna yang kurang aktif. Depresi pengguna sosmed timbul dalam bentuk perasaan tidak bahagia dan iri setelah menggunakan sosmed. Mereka yang terbiasa membuka sosial media akan merasa cemas apabila dalam satu hari tidak menatap layar smartphone dan membuka sosial media yang dimilikinya. Jika sudah seperti ini akan menimbulakan hasrat ingin bunuh diri yang lebih tinggi bagi seseorang yang telah menjadi maniak sosial media.
Selain itu, Dr. Hugves sampasa-kanyinga mencatat bahwa siswa yang mengakses situs sosial media lebih dari 2 jam setiap harinya memiliki masalah kesehatan yang lebih lemah. Jika sudah memiliki masalah mental yang lemah, maka banyak hal-hal berbahaya yang akan terjadi dan rentan untuk mlakukan hal yang buruk. Hayo sobat, dalam sehari berapa lama kamu bermain sosmed?
Meskipun begitu, pengguna sosmed tidak diharuskan untuk log out dari sosmed selamanya. Hanya saja mulailah untuk mengatur waktu dalam penggunaan sosial media dan setidaknya cutilah sejenak selama 1 hari untuk menghindari risiko terkena depresi.

No comments:

Powered by Blogger.