BERSALIN “Belajar Sambil Liburan”


Mendengar kata liburan, pasti banyak masyarakat terkhususnya para pelajar yang antusias untuk menyambut waktu tersebut. Liburan itu penting lho, karena kita butuh liburan setelah belajar dan ini merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh pelajar di indonesia bahkan di dunia. Hal tersebut dilakukan agar pikiran kita kembali segar sehingga pada saat masuk sekolah kembali, kita dapat mulai belajar dengan semangat. Dengan berlibur juga dapat menghilangkan kejenuhan pada diri, keluar dari rutinitas yang membelenggu seperti pekerjaan rumah atau PR bagi para pelajar dan rutinitas lainnya.
Tapi,bukan berarti liburan menjadi ajang bagi kita untuk bermalas-malasan melakukan aktvitas yang bernilai positif. Kita juga harus mengisih liburan dengan berbagi kegiatan yang kreatif dan edukatif. karena kebanyakan setelah liburan, banyak yang malah lupa soal semua pelajaran sekolah karena keasyikan liburan. Nah, agar  bisa tetap pintar saat liburan, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan. Kita bisa“Bersalin” atau   belajar sambil liburan Tapi bukan berarti belajar harus selalu memegang buku dan balpoint. Lantas bagaimana cara memutar otak untuk  belajar sambil liburan yang kreatif dan edukatif? Berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk “Bersalin”.
1) Bermain dan bersantai
Menurut penelitian di University of Virginia, gangguan ingatan ternyata bisa menyerang anak remaja. Biasanya hal ini disebabkan oleh aktivitas otak yang menurun. Untuk itu, jangan biarkan otak anda bermalas-malasan pada saat liburan.
Meski sedang bersantai, kita juga dapat sambil bermain. Misalnya bermain tebak – tebakan, bermain catur, dan permainan santai lainnya ya. Hal ini cukup efektif untuk menjaga kebugaran otak saat liburan.
                                     
2) Liburan ke tempat rekreasi edukatif 
Naah, ini lah cara mengisi liburan yang paling seru. Dengan berekreasi. Tapi bukan sembarang rekreasi. Selain memilih tempat rekreasi umum, kita juga bisa berkunjung ke tempat yang edukatif.
Misalnya saja museum. Jika anda boan ke museum, anda bisa mencoba hal baru dengan  datang ke kawasan desa budaya. Dengan rekreasi seperti ini, kita dapat menambah wawasan meski sedang liburan.
3) Berkebun
Tidak hanya sembarang berkebun. Berkebun juga dapat membantu menambah kecedasan otak . Dengan berkebun, otak bisa lebih santai, rileks tapi tetap terjaga. Nah, saat berkebun lah usahakan anda juga ikut mengenal alam sekitar. Dengan mengenal alam sekitar, tanpa disadari pengetahuan alam kita menjadi bertambah.
4) Liburan ke desa
Liburan ke desa bisa jadi cara cerdas untuk mengisi liburan. Di desa, ada banyak hal baru dan menarik yang bisa ditemukan. Terutama aneka hal tentang alam, bahkan juga kebudayaan. anda bisa mengajak  keluarga atau teman – teman baru di desa untuk mengeksplorasi berbagai hal yang ada di sekitar.         
5) Rajin Olahraga
Olahraga cukup bermanfaat untuk membantu anda menjaga keburanan tubuh dan otak. Tubuh yang terlalu banyak bersantai atau terlalu lelah dengan aktivitas liburan bisa jadi lemah dan tidak bergairah.
Dengan berolahraga kamu bisa jadi lebih fit dan otak pun lebih segar. Selain itu, anda juga bisa berolahraga beramai – ramai dengan teman anda. Sambil olahraga ini lah, bermainlah tebak –tebakan agar lebih pintar.
6) Ikut kursus ketrampilan khusus
Nah, kursus bisa jadi pilihan untuk dapat belajar sambil liburan. Kursus yang diikuti tak harus kursus yang berhubungan dengan mata pelajaran di sekolah. Tapi, sesuai dengan hobi adar bisa lebih menyenangkan.
Misalnya kursus memasak, kursus animasi, kursus menari, kursus yoga, kursus menjahit, kursus musik, kursus fotografi dan lainnya sesuai kegemaran anda.

Dengan tetap melakukan hal positif dan bernilai edukatif saat liburan, belajar pun terasa sangat menyenangkan. Tanpa disadari meski dalam keadaan libur, otak anda tetap mendapatkan tambahan wawasan yang sangat berguna melalui liburan yang telah anda lakukan. Untuk itu, mulailah mencoba hal-hal baru yang bernilai positif dan edukatif seperti “Bersalin” atau Belajar Sambil Liburan.

No comments:

Powered by Blogger.