TRADISI UNIK MATAULI [PART 1]

Setiap sekolah pasti mempunyai tradisi tersendiri. Baik dibuat oleh sekolah,turun dari senior maupun yang kita buat sendiri. Tak terkecuali Matauli, berikut kita akan bahas tradisi-tradisi unik di Matauli yang mungkin tidak dijumpai di sekolah lain :

  1. Keluarga Asuh


   Keluarga asuh sudah menjadi tradisi wajib di Matauli. Setiap siswa/i Matauli pasti mempunyai keluarga asuh yang di dapat dari kelas, asrama maupun keluarga angkat. Keluarga Asuh didapat saat pembagian adik asuh bagi siswa/i baru di Matauli. Masing-masing adik asuh mempunyai kakak asuh yang akan memperkenalkan mereka dengan kakak asuh angkatan terdahulu. Dan meminta pengakuan sebagai adik asuh ke kakak asuh bagi siswa/i baru.
   Tradisi ini dinilai baik karena dapat mendekatkan hubungan antara senior dengan junior dan membantu junior dalam beradaptasi di Matauli. Selain itu, keluarga asuh juga menjadi tempat sharing for caring bagi siswa/i Matauli. Namun belakangan ini, pihak sekolah mulai melarang hubungan kakak asuh-adik asuh di sekolah karena dinilai membebani junior. Tapi keluarga asuh tetap berjalan perlahan namun pasti.


  1. Kumkel


 Tradisi ini dikatakan unik karena kumpul kelas dilaksanakan tak hanya dengan teman seangkatan namun kumpul 3 angkatan yang tergabung dalam satu kelas. Misalnya kumpul kelas IPA 9 diikuti oleh kelas X,XI,XII IPA 9.
Tradisi ini umumnya dilaksanankan sebagai perpisahan bagi kelas 12, menjaga dan meningkatkan hubungan kekeluargaan dalam 1 kelas.
3. Ekspedisi
Tradisi yang bertujuan untuk lebih mengenal sisi lain Matauli yang dinilai menyimpan  banyak misteri sekaligus menguji adrenalin. Kegiatan ini umumnya dilakukan pada malam jum’at dan malam minggu.
Inti dari melakukan ekspedisi yaitu mencari makhluk halus dengan mengelilingi kawasan sekolah pada malam hari. Walaupun mulai berkurang, kegiatan ini salah satu tradisi yang terseru dan menantang si Matauli.

4. BIMSIK

  Bimbingan Fisik (BIMSIK) ialah tradisi yang sering dilakukan di Matauli, setiap hari pasti ada pelajar yang melakukan bimsik. Kegiatan ini dinilai sangat bermanggat dan dinilai praktis untuk menjaga dan membentuk badan yang ideal selama melakukan studi di Matauli. Bagi yang mempunyai badan overweight, bimsik merupakan salah satu solusinya.
  Spot-spot Bimsik banyak tersedia di Matauli seperti Lapangan Tribun, lapangan apel, jalan aspal,kolam renang, lapangan permainan bola (Basket,Voli,Sepak bola dan Tenis). Kegiatan Bimsik meliputi Lari, Push Up, Pull Up, Sit Up, Renang dan permainan bola (Voli,Basket,Sepak Bola, Tenis). Bimsik juga bermanfaat dan penting bagi siswa/i yang ingin melanjutkan studi ke sekolah kedinasan.


  Itulah beberapa Tradisi unik dan menarik yang ada di Matauli versi LPS, semoga dapat menambah wawasan untuk mengenal Matauli lebih dalam dan baca terus artikel LPS MATAULI untuk mengetahui update terbaru dan artikel menarik lainnya seputar Matauli.






No comments:

Powered by Blogger.