Lupa Sarapan : Lupa Ingatan ?



Bagi sebagian orang beranggapan sarapan itu tidak penting. Setiap juga memiliki alasan tertentu untuk tidak sarapan.Seperti bangun kesiangan,takut terlambat dan lain sebagainya. Namun tak dapat di pungkiri kegiatan yang begitu padat dan menguras pikiran ini juga memerlukan energi dan asupan yang bergizi agar terhindar dari penyakit dan menjalani hari-hari dengan penuh semangat. Nah , hal ini masih dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Selain melewatkan momen untuk makan bersama dengan keluarga , faktanya melewatkan sarapan beturut-turut juga menimbulkan penyakit bahkan sampai membuat kita lupa ingatan loh ! Kira-kira hal apa saja sih yang bakal kita rasakan jika melewatkan sarapan? Yuk , langsung kita bahas lebih lanjut

1.Menurunkan Konsetrasi
Pagi hari merupakan awal dimana kita memulai aktivitas. Untuk menjalani aktivitas yang cukup padat maka sesorang butuh energi seperti menjalani kegiatan belajar disekolah misalnya. Jika kita melewatkan sarapan pagi maka kita akan merasakan lapar dan hal ini yang membuat konsentrasi menjadi menurun. Dan faktanya orang yang tidak melewatkan sarapan lebih berprestasi di sekolah!

2.Tubuh Akan Menjadi Lemas
Setelah malamnya beistirahat tanpa ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh , maka dapat kita simpulkan apa yang terjadi jika kita tidak sarapan.Pastinya tubuh akan menjadi lemas karena tak ada energi yang masuk ke dalam tubuh pada pagi harinya. Setelah menurunkan konsentrasi ternyata lupa sarapan bakal buat tubuh kita jadi lemas.

3.Mudah Lelah
Jika sarapan bakal buat tubuh kita menjadi lemas. Tidak sarapan akan membuat tubuh kita menjadi lemah apalagi jika di tambah aktivitas yang begitu padat dan juga tubuh yang belum mendapat asupan makanan. Hal ini juga dapat membuat tubuh tidak fit dan kesehatan kita menjadi menurun. Jika kita tidak sesegera mungkin mengisi perut dengan makanan yang cukup. Bener gak?

4.Emosi Tidak Stabil
Bahaya selanjutnya dari kebiasaan melewatkan sarapan adalah emosi yang tidak stabil. Nah , pada kasus ini perut kosong sering kali membuat fokus jadi buyar. Kondisi ini memudahkan orang seseorang cepat emosi dan stres. Dalam kondisi seperti ini kegiatan apapun yang kita lakukan tidak berjalan maksimal karena mood yang buruk akibat tidak sarapan.

5.Lupa Ingatan
Mungkin lupa sarapan dianggap sepele oleh segelintir orang. Tapi tahukah kalian? Bahwa faktanya lupa sarapan berakibat berbagai macam penyakit bahkan bisa menyebabkan lupa ingatan loh! Sebab ketika semalaman beristirahat dalam keadaan perut kosong membuat otak juga kelaparan. Ternyata tidak cuma perut saja nih yang kelaparan , sobat! Ternyata otak juga bisa kelaparan loh.Oleh karena itu kita wajib sarapan sebelum berativitas.Seperti penjelasan ahli gizi Rini Siti Haerani, S.Gz  jika kita tidak mendapatkan glukosa yang cukup saat sarapan , maka daya memori otak kita mengingat segala sesuatu termasuk hilang konsentrasi.Sarapan membuat kemampuan berpikir dan memecahkan masalah jadi lebih baik serta menjaga mental. Dalam sebuah penelitian di ungkapkan kalau tidak sarapan juga dapat menimbulkan depresi loh!


Jadi apakah kita masih berfikir untuk lupa sarapan gak nih Sobat?

No comments:

Powered by Blogger.